Selasa, 16 November 2010

Cara Mudah Redirect Domain Dengan File .htaccess

redirect url Cara Mudah Redirect Domain Dengan File .htaccess

Pada saat saya membuat sub domain untuk akses ke lucksoft mobile version yaitu m.lucksoft.co.cc dan mobile.lucksoft.co.cc saya bingung bagaimana cara redirect sub domain tersebut ke www.lucksoft.co.cc/?mobile, seperti anda ketahui bahwa blog ini dapat diakses menggunakan handphone dan memang otomatis langsung ke versi mobile jika anda mengakses lucksoft dari mobile device, supaya lebih mudah saya membuat sub domain baru untuk mengaksesnya yaitu m.lucksoft.co.cc dan mobile.lucksoft.co.cc  (mau bikin wap.lucksoft.co.cc tapi blog mobile version saya tidak menggunakan wap), sub domain tersebut saya redirect langsung ke www.lucksoft.co.cc/?mobile, sub domain tersebut menurut saya hanya opsi tambahan saja mengingat plugin mobilepress yang saya gunakan akan langsung beralih ke versi mobile, malah tidak ada embel-embel ?mobile di belakang domain utama.

Berhubung saya menggunakan free domain dari co.cc dan kita tau sebenarnya yang diberikan co.cc bukanlah domain tetapi sub domain dari domain utama .co.cc. Membuat sub domain dapat dilakukan di control panel hosting anda, dan di hosting yang saya pakai tidak tersedia pilihan untuk redirect ke domain lain, tapi jangan khawatir ada kok cara untuk redirect sub domain tersebut, bagaimana caranya? Oke langsung saja.

Caranya adalah menggunakan file .htaccess

1. Buka Notepad atau Notepad++

2. Masukkan kode berikut:

Options +FollowSymlinks RewriteEngine on rewritecond %{http_host} ^Masukkan domain atau sub domain anda [nc] rewriterule ^(.*)$ http://masukkan domain tujuan anda$1 [r=301,nc]

Contoh:

Options +FollowSymlinks RewriteEngine on rewritecond %{http_host} ^mobile.lucksoft.co.cc [nc] rewriterule ^(.*)$ http://lucksoft.co.cc/?mobile$1 [r=301,nc]

3. Save dengan nama htacces.txt (Jika menggunakan Notepad biasa) dan .htaccess (Jika menggunakan Notepad++)

4.Upload file htaccess.txt atau .htaccess ke hostingan anda, khususfile htaccess.txt anda harus mengganti namanya menjadi .htaccess

5. Selesai

Anda bisa test dengan mengakses domain atau sub domain yang anda redirect tadi, maka secara otomatis domain atau sub domain tersebut akan "Belok" ke domain tujuan yang anda atur tadi.

Semoga berhasil. . .

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan beberapa tag HTML, seperti <b>, <i>, <a>
Penting: Jika anda tidak memiliki account gmail pilih Name/URL pada form ini

Links Free Traffic And BackLink

 
Copyright © JHN-SOFT Poweredby Julka Hendri